Lovebird Kacamata Fischer : Sejarah, Habitat, Ciri dan Harga

Lovebird Kacamata Fischer (Agapornis fischeri) termasuk jenis burung kicau peliharaan yang banyak disukai, terutama para penggemar burung kicau. Burung yang satu ini memang memiliki warna yang menawan, selain itu mempunyai bentuk fisik yang indah. 

Tidak hanya itu saja, burung lovebird kacamata juga mempunyai suara yang bagus, jadi cocok sekali untuk dijadikan binatang peliharaan di rumah. 

Lovebird jenis fischer ini sudah semakin langka, bahkan sangat sulit untuk dibudidayakan. Jadi tidak heran apabila populasi spesies burung ini makin sedikit. Namun di sisi lain sebagian besar pihak tetap mencoba mencegah kepunahan spesies langka ini.

Mungkin bagi penggemar burung yang masih pemula sering bertanya soal burung lovebird kacamata fischer ini. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara lengkap dan detail.

Lovebird Kacamata Fischer


Sejarah Lovebird Kacamata Fischer

Berdasarkan asal mula dan sejarah, burung lovebird kacamata telah dibudidayakan pada tahun 1926 di Amerika Serikat. Burung ini pertama kali ditemukan oleh Gustaf Fischer sehingga lovebird kacamata memiliki julukan burung fischer.

Tidak hanya itu saja, bukti keberadaan burung lovebird ini juga ditemukan di benua Afrika pada tahun 1957 oleh ilmuan bernama R. Horsman. Dia menjumpai spesies burung fischer yang sedikit memiliki perbedaan pada warna bulu.

Lalu pada tahun 1959 Dr F Warford menemukan spesies yang mirip dengan lovebird kacamata di San Fransisco. Di Negara Francis ini burung lovebird kacamata pertama kali ditemukan dengan warna bulu kuning.

Burung kicau yang satu ini memang mempunyai banyak keunikan, mulai dari bentuk fisik, warna hingga suara yang indah. Jadi bisa dikatakan spesies lovebird kacamata cukup populer sesuai dengan sejarah burung ini.


Habitat Lovebird Kacamata Fischer

Lovebird Kacamata Fischer atau dikenal dengan nama latin Agapornis fischeri ini biasa hidup di wilayah Afrika timur, tengah, selatan, tenggara. Di indonesia burung ini termasuk jenis lovebird import, maka tak heran bila harganya mahal.

Pada habitatnya di alam bebas, spesies burung yang satu ini biasa hidup dalam kelompok kecil yang berjumlah beberapa ekor burung dengan satu pemimpin. Mereka tinggal pada wilayah pegunungan dengan ketinggian 1100-2200 meter di atas permukaan laut.

Untuk jenis burung ini juga hidup dalam kelompok-kelompok kecil. Habitat jenis lovebird ini yaitu berada di ketinggian antara 1.100 sampai dengan 2.200 m.

Pada alam liar burung lovebird kacamata mencari makanan di hutan yaitu buah dan biji-bijian. Tidak jarang mereka berpindah ke tempat yang terdapat banyak makanan. Salah satu kelebihan dari burung ini ialah dia mampu terbang dengan kecepatan tinggi di alam liar. 

Kemudian yang membuat burung ini disukai ialah suara kicau yang merdu dan lantang. Apalagi jika berada di hutan, suaranya cukup keras dan menggema. 


Kebiasaan di Alam Bebas

Seperti yang kita tahu bahwa setiap hewan tentu memiliki kebiasaan di alam bebas. Biasanya burung lovebird kacamata fischer ini selalu mencari tempat yang terdapat banyak makanan. Makanan burung ini adalah buah dan biji-bijian. Maka tidak heran bila mereka selalu berpindah habitat.

Biasa pada bulan januari sampai dengan bulan juli burung ini akan lebih produktif, pasalnya pada waktu tersebut merupakan musim kawin. Jenis lovebird yang satu ini akan membuat sarang pada lubang pohon, biasanya dia menggunakan lubang yang dibuat oleh burung pelatuk. 

Lovebird kacamata mampu menghasilkan telur 3 sampai 8 butir berwarna putih. Kemudian setelah kurang lebih 40 hari telur akan menetas.


Ciri Lovebird Kacamata Fischer

Ciri lovebird kacamata pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan jenis yang biasa kita jumpai. Akan tetapi sangat sulit sekali untuk membedakan jenis kelamin burung ini. Pasalnya antara pejantan dan betina perbedaannya tidak terlalu mencolok. Di bawah ini beberapa ciri dan karakter burung lovebird kacamata secara umum:

Lovebird kacamata fischer dewasa

  • Burung yang sudah dewasa memiliki warna hijau agak kuning.
  • Terdapat kombinasi warna orange, terutama pada bagian dagu dan pipi burung.
  • Warna hijau pada bagian kepala terlihat pudar.
  • Memiliki ekor panjang berwarna hijau.
  • Pada bagian mata terdapat lingkaran putih.
  • Warna iris cokelat dan paruh memiliki warna merah.
  • Kaki berwarna putih agak cokelat.


Lovebird kacamata fischer muda

  • Lovebird muda lebih dominan dengan warna bulu yang tidak begitu mencolok.
  • Pada bagian kepala warna sedikit pudar.
  • Kemudian kaki berwarna putih halus.


Gambar Burung Lovebird Kacamata

Bagi anda yang masih belum tahu dengan burung ini maka bisa melihat beberapa gambar yang ada di bawah ini:

Gambar lovebird kacamata fischer
ciri lovebird kacamata


Perkembangan burung lovebird kacamata fischer memang sangat panjang. Bagi penggemar burung lovebird tentu kita sering penasaran dengan berbagai jenis lain yang menarik. Itulah sedikit pembahasan dari kami, semoga bermanfaat.


0 Response to "Lovebird Kacamata Fischer : Sejarah, Habitat, Ciri dan Harga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel