Teknik Jitu Menjodohkan Murai Batu, Dijamin Berhasil

Menjodohkan Murai Batu, Dijamin Berhasil

Memelihara Murai Batu bisa dikatakan gampang-gampang susah, apalagi untuk budidaya. Sebagian dari kita sering mengalami kendala ketika menjodohkan murai batu.

Nah apakah sobat termasuk dari sekian banyak peternak yang mengalami permasalahan menjodohkan murai batu?

Proses budidaya murai agak berbeda dengan burung lainnya, sehingga banyak yang gagal. Memang cara menjodohkan burung murai bisa dilakukan dengan berbagai cara, akan tetapi tidak semua itu efektif.

Berikut ini kita akan membahas teknik jitu untuk menjodohkan murai batu supaya cepat bertelur, ayo simak sampai selesai !


Teknik Kandang Sekat

Cara pertama yang paling efisien dan cukup efektif untuk perjodohan murai batu ialah dengan kandang sekat.

Metode ini sangat hemat tempat apabila sobat memelihara burung dalam skala besar. 

Jadi sobat bisa membuat rak kandang dengan sekat pembatas, dimana antara pejantan dan betina dipisahkan oleh dinding pembatas.

Kandang sekat mempunyai potensi untuk memancing birahi murai batu. Karena posisi yang hanya dibatasi oleh dinding maka burung akan cepat terbiasa.


Kandang Penangkaran Jantan

Kemudian sobat juga bisa menerapkan teknik kandang penangkaran. Caranya yaitu menggunakan kandang penangkaran yang jauh lebih besar.

Jadi untuk metode ini kita menggunakan kandang kecil untuk menempatkan induk betina. Namun pertama-tama pejantan harus berada di kandang penangkaran selama beberapa hari. 

Biasanya ketika kandang kecil yang berisi betina di masukkan, pejantan akan berusaha menyerang betina. Namun jangan khawatir, setelah dibiarkan beberapa hari biasanya burung akan cepat berjodoh.

 

Kandang Penangkaran Betina

Cara ini adalah kebalikan dari yang sebelumnya dimana sang pejantan yang dimasukkan ke penangkaran. Nah pada metode ini induk betina dibiarkan terbiasa dulu di dalam sangkar penangkaran.

Secara umum burung murai jantan lebih ganas, dengan induk betina yang dimasukkan dulu yaitu supaya tingkat perkelahian menjadi lebih kecil.

Untuk teknik menggunakan sangkar penangkaran sebaiknya sobat lebih teliti. Pastikan burung sudah benar-benar berjodoh baru kemudian dilepaskan dari sangkar kecil. Jika tidak maka bisa saja akan berkelahi dan burung pun rusak.


Menggunakan Karamba Mandi

Keramba mandi merupakan sangkar yang di desain khusus untuk digunakan memandikan murai batu. Mungkin banyak dari sobat yang tidak tahu kalau ternyata keramba mandi bisa dijadikan alat menjodohkan murai batu.

Pertama letakkan kandang betina dan pejantan secara berdekatan hingga beberapa jam, satu hari penuh lebih bagus. 

Nah setelah ada tanda-tanda burung mulai tertarik antara satu dan yang lainnya kemudian bisa dimasukkan ke keramba mandi secara bersamaan. 


Perjodohan Tempel Sangkar

Tempel sangkar adalah metode menjodohkan murai batu yang paling dasar dan mudah dilakukan. Tapi tingkat keberhasilan metode ini tergantung dari karakter burung itu sendiri.

Menempelkan kandang betina dan jantan bisa membuat mereka lebih akrab, kemungkinan bisa memicu ketertarikan kedua burung tersebut. 

Sobat bisa mencobanya selama beberapa hari, apabila ada tanda-tanda burung sudah berjodoh maka bisa langsung disatukan.


Perjodohan menjadi bagian paling penting dalam keberlangsungan usaha ternak murai. Tentu saja kita selalu berharap burung yang dipelihara lebih produktif sehingga cepat bertelur. Namun, permasalahan dalam menjodohkan murai batu memang menjadi tantangan paling sulit bagi kita yang ingin membudidayakan murai batu.



0 Response to "Teknik Jitu Menjodohkan Murai Batu, Dijamin Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel